Silabus Matematika Wajib Kelas X tahun 2020-2021
Silabus Matematika Wajib Kelas X tahun 2020-2021
Mata Pelajaran : Matematika Wajib
Kelas/Semester: X (sepuluh)/ 1
Madrasah : MAN 2 Kota Bengkulu
Kelas : X (sepuluh)

Kompetnsi inti
·
KI-1
dan KI-2:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya. Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam
berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan,
keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara,
kawasan regional, dan kawasan internasional”.
·
KI 3:
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
·
KI4:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai
kaidah keilmuan
Silabus Matematika Wajib Kelas X tahun 2020-2021
Kompetensi Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
3.1.
Mengintepretasi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak dari bentuk
linear satu variable dengan persamaan dan pertidaksamaan linear Aljabar lainnya.
|
Persamaan dan Pertidaksamaan Linear SatuVariabel yang Memuat
Nilai Mutlak
-
Pengertianpersamaan dan pertidaksamaan
linear satu variable
-
Penerapan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
|
·
Mengidentifikasi kuantitas-kuantitas dan hubungan
di antaranya
dalam masalah kontekstual dan merumuskan persamaan dan/atau pertidaksamaan
linear satuvariabel yang memuat nilai mutlak
yang sesuai.
·
Menggunakan
ide-ide matematika untuk menyelesaikan persamaandan/atau pertidaksamaan
linear satu
variabel
yang memuat
nilai mutlak.
·
Menafsirkan dan mengevaluasi penyelesaian berdasarkan konteks mula-mula.
·
Mengomunikasikan
proses dan
hasil pemecahan masalah
·
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan
linear satu variabel yang memuat
nilai mutlak
·
Menyajikan
penyelesaian masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel yang memuat
nilai mutlak
|
4.1.
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan persamaandan pertidaksamaan nilaimutlak dari bentuk
linear satu variable
|
||
3.2.
Menjelaskan dan menentukan penyelesaian pertidaksamaan rasional dan irasional satuvariabel
|
Pertidaksamaan
mutlak,
pecahan, dan
irrasional
|
·
Mencermati pengertian, metode penyelesaian
pertidaksamaan dan nilai mutlak, pertidaksamaan pecahan,irrasional dan
mutlak, dan penerapannya pada masalah nyata dari berbagai sumber belajar
·
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
pertidaksamaan mutlak, pecahan, dan irrasional
·
Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan
pertidaksamaan mutlak, pecahan, dan irrasional
|
4.2.
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan pertidaksamaan rasional dan irasional satu variable
|
||
3.3.
Menyusun system persamaan
linear tiga
variable dari masalah kontekstual
|
Sistem
Persamaan Linear Tiga Variabel
-
Pengertian
Sistem
Persamaan Linear Tiga Variabel
-
Penerapan
Sistem
Persamaan Linear Tiga Variabel
|
·
Mengidentifikasi kuantitas-kuantitas dan hubungan
di antaranya
dalam masalah kontekstual dan merumuskan sistem
persamaan linear tiga variabel yang sesuai.
·
Menggunakan
ide-ide matematika untuk menyelesaikan sistem
persamaan linear tiga variabel.
·
Menafsirkan dan mengevaluasi penyelesaian berdasarkan konteks mula-mula.
·
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear tiga
variabel
·
Mengomunikasikan
proses dan
hasil pemecahan masalah yang
berkaitan dengan sistem persamaan linear tiga
variabel
|
4.3.
Menyelesaikan masalah kontekstual
yang berkaitan dengan system persamaan
linear tiga variable
|
||
3.4.
Menjelaskan dan menentukan penyelesaian system pertidaksamaan dua variabel
(linear-kuadratdankuadrat-kuadrat)
|
Sistem pertidaksamaan dua variabel (linear-kuadrat dan kuadrat-kuadrat)
|
·
Mencermati pengertian, metode penyelesaian, kurva persamaan dalam sistem pertidaksamaan
kuadrat dua variabel, dan penerapannya pada masalah nyata dari berbagai
sumber belajar.
·
Merumuskan secara aljabar maupun manipulasi matematika
lainnya tentang sifat-sifat yang berkaitan dengan sistem pertidaksamaan kuadrat dengan dua variabel
·
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan system pertidaksamaan dua variabel (linear-kuadrat dan kuadrat-kuadrat)
·
Menyajikan pelesaian masalah yang berkaitan dengan system pertidaksamaan dua variabel (linear-kuadrat dan kuadrat-kuadrat)
|
4.4.
Menyajikan dan menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan system pertidaksamaan dua variabel
(linear-kuadrat dan kuadrat-kuadrat
|
||
3.5.
Menjelaskan dan menentukan fungsi
(terutamafungsi linear, fungsi kuadrat,
danfungsirasional) secara formal yang meliputinotasi, daerahasal,
daerahhasil, danekspresisimbolik, sertasketsagrafiknya
|
Fungsi
-
RelasidanFungsi
-
OperasiAritmetika
-
KomposisiFungsi
-
Fungsi
Linear
-
FungsiKuadrat
-
FungsiRasional
- Fungsi
Invers
|
·
Mengidentifikasi hubungan antara daerah asal,
daerahhasilsuatufungsidanekspresisimbolik yang
mendefinisikannyasertamendiskusikanhubungan yang
teridentifikasidenganmenggunakanberbagairepresentasibersamatemannya.
·
Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuatkesimpulan,
serta
menggunakan prosedur untuk menyelesaikan masalah kontektual
yang dinyatakan dengan fungsi linear, fungsi
kuadrat, dan fungsi rasional
·
Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan,
serta
menggunakan prosedur untuk melakukan operasi aritmetika pada fungsi
(penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian)
dan
operasi komposisi pada fungsi
·
Mengamati dan mengidentifikasi fakta pada fungsi
invers yang akan digunakan untuk menentukan eksistensinya
·
Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan,
serta
menggunakan prosedur untuk menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan fungsi
invers suatufungsi
·
Menyajikan
penyelesaian masalah yang berkaitan dengan fungsi
|
4.5.
Menganalisakarakteristikmasing
– masinggrafik (titikpotongdengansumbu, titikpuncak, asimtot)
danperubahangrafikfungsinyaakibattransformasi f2(x), 1/f(x),
|f(x)| dsb
|
||
3.6.
Menjelaskan operasi komposisi pada fungsi dan operasi
invers pada
fungsi
invers serta
sifat-sifatnya serta menentukan eksistensinya
|
||
4.6.
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan operasi komposisi dan operasi
invers suatu
fungsi
|
||
3.7.
Menjelaskan rasio trigonometri
(sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan, dancotangen) pada segitiga siku-siku
|
Trigonometri
-
Pengukuran Sudut
-
Perbandingan Trigonometri pada Segitiga Siku-Siku
-
Sudut-sudut Berelasi
-
Identitas Trigonometri
-
Aturan
Sinus dan
Cosinus
-
Fungsi Trigonometri
|
·
Mangamatidanmengidentifikasifaktapada
radian dan
derajat sebagai satuan pengukuran sudut,
serta
hubungannya
·
Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan,
serta
menggunakan prosedur untuk menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan pengukuran sudut dalam satuan
radian atau
derajat
·
Mangamati dan mengidentifikasi fakta pada rasio trigonometri
(sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan, dancotangen) pada segitigasiku-siku.
·
Mengumpulkan
dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur
untuk menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan
dengan rasio trigonometri pada segitiga siku-siku
·
Mencermati dan mengidentifikasi fakta pada rasio
trigonometri untuk sudut-sudut di berbagai kuadran dan sudut-sudut berelasi kemudian membuat generalisasinya
· Mengumpulkan
dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur
untuk menyelesaikan masalah kontekstual
yang berkaitan dengan rasio trigonometri sudut-sudut
di berbagai
kuadran dan sudut-sudut berelasi
· Mengamati dan mengidentifikasi hubungan
antara rasio trigonometri yang membentuk identitas
dasar trigonometri.
· Mengumpulkan
dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur pembuktian identitas trigonometri
· Mengamati dan mengidentifikasi fakta pada aturan
sinus dan
cosinus serta masalah
yang terkait
· Mengumpulkan
dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur
untuk menyelesaikanmasalah yang berkaitan dengan aturan
sinus dankosinus.
· Mencermati dan mengidentifikasi fakta pada grafik fungsi
yang dibuat
dengan menggunakan lingkaran satuan
·
Mengumpulkan
dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur
untuk untuk membuat sketsa grafik fungsi
trigonometri
·
Menyajikan
penyelesaian masalah yang berkaitan dengan trigonometri
|
4.7.
Menyelesaikan masalah kontekstual
yang berkaitan dengan rasio trigonometri
(sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan, dancotangen) pada segitiga siku-siku
|
||
3.8.
Menggeneralisasirasio trigonometri untuk sudut-sudut
di berbagai
kuadran dan sudut-sudutberelasi
|
||
4.8.
Menyelesaikan masalah kontekstual
yang berkaitan dengan rasio trigonometri sudut-sudut
di berbagai
kuadran dan sudut-sudut berelasi
|
||
3.9.
Menjelaskan aturan
sinus dan
cosinus
|
||
4.9.
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan aturan
sinus dan
cosinus
|
||
3.10.
Menjelaskan fungsi trigonometri dengan menggunakan lingkaran satuan
|
||
4.10.
Menganalisa perubahan grafik fungsi trigonometri akibat perubahan pada konstanta pada fungsi
y = a sin b(x + c) + d.
|
Demikian Silabus Matematika Semester wajib kelas X tahun 2020-2021
0 Response to "Silabus Matematika Wajib Kelas X tahun 2020-2021"
Post a Comment