Silabus Matematika Wajib kelas X Kurikulum 2013
Kompetensi Dasar 
 | 
   
Materi
   Pembelajaran 
 | 
   
Kegiatan
   Pembelajaran 
 | 
  
| 
 
3.1.   
  Mengintepretasi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak dari bentuk
  linear satu variable dengan persamaan dan pertidaksamaan linear Aljabar lainnya. 
 | 
  
Persamaan dan Pertidaksamaan Linear SatuVariabel yang Memuat
  Nilai Mutlak 
-    
  Pengertianpersamaan dan pertidaksamaan
  linear satu variable 
-  
  Penerapan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel 
 | 
  
·    
  Mengidentifikasi kuantitas-kuantitas dan hubungan
  di antaranya
  dalam masalah kontekstual dan merumuskan persamaan dan/atau pertidaksamaan
  linear satuvariabel yang memuat nilai mutlak
  yang sesuai. 
·    
  Menggunakan
  ide-ide matematika untuk menyelesaikan persamaandan/atau pertidaksamaan
  linear satu
  variabel
  yang memuat
  nilai mutlak. 
·    
  Menafsirkan dan mengevaluasi penyelesaian berdasarkan konteks mula-mula. 
·    
  Mengomunikasikan
  proses dan
  hasil pemecahan masalah 
·    
  Menyelesaikan
  masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan
  linear satu variabel yang memuat
  nilai mutlak 
·    
  Menyajikan
  penyelesaian masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel yang memuat
  nilai mutlak 
 | 
 
| 
 
4.1.   
  Menyelesaikan masalah
  yang berkaitan dengan persamaandan pertidaksamaan nilaimutlak dari bentuk
  linear satu variable 
 | 
 ||
| 
 
3.2.   
  Menjelaskan  dan menentukan penyelesaian pertidaksamaan rasional dan irasional satuvariabel 
 | 
  
Pertidaksamaan  
mutlak,  
pecahan, dan  
irrasional 
 | 
  
·  
  Mencermati pengertian, metode  penyelesaian
  pertidaksamaan dan nilai mutlak, pertidaksamaan  pecahan,irrasional dan
  mutlak, dan penerapannya pada masalah nyata dari berbagai sumber belajar 
·  
  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
  pertidaksamaan mutlak, pecahan, dan irrasional 
·  
  Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan
  pertidaksamaan mutlak, pecahan, dan irrasional 
 | 
 
| 
 
4.2.   
  Menyelesaikan masalah
  yang berkaitan dengan pertidaksamaan rasional dan irasional satu variable 
 | 
 ||
| 
 
3.3.   
  Menyusun system persamaan
  linear tiga
  variable dari masalah kontekstual 
 | 
  
Sistem
  Persamaan Linear Tiga Variabel 
-   
  Pengertian
  Sistem
  Persamaan Linear Tiga Variabel 
-   
  Penerapan
  Sistem
  Persamaan Linear Tiga Variabel 
 | 
  
·    
  Mengidentifikasi kuantitas-kuantitas dan hubungan
  di antaranya
  dalam masalah kontekstual dan merumuskan sistem
  persamaan linear tiga variabel yang sesuai. 
·    
  Menggunakan
  ide-ide matematika untuk menyelesaikan sistem
  persamaan linear tiga variabel. 
·    
  Menafsirkan dan mengevaluasi penyelesaian berdasarkan konteks mula-mula. 
·    
  Menyelesaikan
  masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear tiga
  variabel 
·    
  Mengomunikasikan
  proses dan
  hasil pemecahan masalah yang
  berkaitan dengan sistem persamaan linear tiga
  variabel 
 | 
 
| 
 
4.3.   
  Menyelesaikan masalah kontekstual
  yang berkaitan dengan system persamaan
  linear tiga variable 
 | 
 ||
| 
 
3.4.   
  Menjelaskan dan menentukan penyelesaian system pertidaksamaan dua variabel
  (linear-kuadratdankuadrat-kuadrat) 
 | 
  
Sistem pertidaksamaan dua variabel (linear-kuadrat dan kuadrat-kuadrat) 
 | 
  
·  
  Mencermati pengertian, metode penyelesaian, kurva persamaan dalam sistem pertidaksamaan
  kuadrat dua variabel, dan penerapannya pada masalah nyata dari berbagai
  sumber belajar. 
·  
  Merumuskan secara aljabar maupun manipulasi matematika
  lainnya tentang sifat-sifat yang berkaitan dengan sistem pertidaksamaan kuadrat dengan dua variabel 
·  
  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan system pertidaksamaan dua variabel (linear-kuadrat dan kuadrat-kuadrat) 
·  
  Menyajikan pelesaian masalah yang berkaitan dengan system pertidaksamaan dua variabel (linear-kuadrat dan kuadrat-kuadrat) 
 | 
 
| 
 
4.4.   
  Menyajikan dan menyelesaikan masalah
  yang berkaitan dengan system pertidaksamaan dua variabel
  (linear-kuadrat dan kuadrat-kuadrat 
 | 
 ||
| 
 
3.5.   
  Menjelaskan dan menentukan fungsi
  (terutamafungsi linear, fungsi kuadrat,
  danfungsirasional) secara formal yang meliputinotasi, daerahasal,
  daerahhasil, danekspresisimbolik, sertasketsagrafiknya 
 | 
  
Fungsi 
-    
  RelasidanFungsi 
-    
  OperasiAritmetika 
-    
  KomposisiFungsi 
-    
  Fungsi
  Linear 
-    
  FungsiKuadrat 
-    
  FungsiRasional 
-     Fungsi
  Invers 
 | 
  
·    
  Mengidentifikasi hubungan antara daerah asal,
  daerahhasilsuatufungsidanekspresisimbolik yang
  mendefinisikannyasertamendiskusikanhubungan yang
  teridentifikasidenganmenggunakanberbagairepresentasibersamatemannya. 
·    
  Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuatkesimpulan,
  serta
  menggunakan prosedur untuk menyelesaikan masalah kontektual
  yang dinyatakan dengan fungsi linear, fungsi
  kuadrat, dan fungsi rasional 
·    
  Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan,
  serta
  menggunakan prosedur untuk melakukan operasi aritmetika pada fungsi
  (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian)
  dan
  operasi komposisi pada fungsi 
·    
  Mengamati dan mengidentifikasi fakta pada fungsi
  invers yang akan digunakan untuk menentukan eksistensinya 
·    
  Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan,
  serta
  menggunakan prosedur untuk menyelesaikan masalah
  yang berkaitan dengan fungsi
  invers suatufungsi 
·    
  Menyajikan
  penyelesaian masalah yang berkaitan dengan fungsi 
 | 
 
| 
 
4.5.   
  Menganalisakarakteristikmasing
  – masinggrafik (titikpotongdengansumbu, titikpuncak, asimtot)
  danperubahangrafikfungsinyaakibattransformasi f2(x), 1/f(x),
  |f(x)| dsb 
 | 
 ||
| 
 
3.6.   
  Menjelaskan operasi komposisi pada fungsi dan operasi
  invers pada
  fungsi
  invers serta
  sifat-sifatnya serta menentukan eksistensinya 
 | 
 ||
| 
 
4.6.   
  Menyelesaikan masalah
  yang berkaitan dengan operasi komposisi dan operasi
  invers suatu
  fungsi 
 | 
 ||
| 
 
3.7.   
  Menjelaskan rasio trigonometri
  (sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan, dancotangen) pada segitiga siku-siku 
 | 
  
Trigonometri 
-    
  Pengukuran Sudut 
-    
  Perbandingan Trigonometri pada Segitiga Siku-Siku 
-    
  Sudut-sudut Berelasi 
-    
  Identitas Trigonometri 
-    
  Aturan
  Sinus dan
  Cosinus 
-    
  Fungsi Trigonometri 
 | 
  
·    
  Mangamatidanmengidentifikasifaktapada
  radian dan
  derajat sebagai satuan pengukuran sudut,
  serta
  hubungannya 
·    
  Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan,
  serta
  menggunakan prosedur untuk menyelesaikan masalah
  yang berkaitan dengan pengukuran sudut dalam satuan
  radian atau
  derajat 
·    
  Mangamati dan mengidentifikasi fakta pada rasio trigonometri
  (sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan, dancotangen) pada segitigasiku-siku. 
·    
  Mengumpulkan
  dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur
  untuk menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan
  dengan rasio trigonometri pada segitiga siku-siku 
·    
  Mencermati dan mengidentifikasi fakta pada rasio
  trigonometri untuk sudut-sudut di berbagai kuadran dan sudut-sudut berelasi kemudian membuat generalisasinya 
·     Mengumpulkan
  dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur
  untuk menyelesaikan masalah kontekstual
  yang berkaitan dengan rasio trigonometri sudut-sudut
  di berbagai
  kuadran dan sudut-sudut berelasi 
·     Mengamati dan mengidentifikasi hubungan
  antara rasio trigonometri yang membentuk identitas
  dasar trigonometri. 
·     Mengumpulkan
  dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur pembuktian identitas trigonometri 
·     Mengamati dan mengidentifikasi fakta pada aturan
  sinus dan
  cosinus serta masalah
  yang terkait 
·     Mengumpulkan
  dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur
  untuk menyelesaikanmasalah yang berkaitan dengan aturan
  sinus dankosinus. 
·     Mencermati dan mengidentifikasi fakta pada grafik fungsi
  yang dibuat
  dengan menggunakan lingkaran satuan 
·    
  Mengumpulkan
  dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur
  untuk untuk membuat sketsa grafik fungsi
  trigonometri 
·    
  Menyajikan
  penyelesaian masalah yang berkaitan dengan trigonometri 
 | 
 
| 
 
4.7.   
  Menyelesaikan masalah kontekstual
  yang berkaitan dengan rasio trigonometri
  (sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan, dancotangen) pada segitiga siku-siku 
 | 
 ||
| 
 
3.8.   
  Menggeneralisasirasio trigonometri untuk sudut-sudut
  di berbagai
  kuadran dan sudut-sudutberelasi 
 | 
 ||
| 
 
4.8.   
  Menyelesaikan masalah kontekstual
  yang berkaitan dengan rasio trigonometri sudut-sudut
  di berbagai
  kuadran dan sudut-sudut berelasi 
 | 
 ||
| 
 
3.9.   
  Menjelaskan aturan
  sinus dan
  cosinus 
 | 
 ||
| 
 
4.9.   
  Menyelesaikan masalah
  yang berkaitan dengan aturan
  sinus dan
  cosinus 
 | 
 ||
| 
 
3.10.
  Menjelaskan fungsi trigonometri dengan menggunakan lingkaran satuan 
 | 
 ||
| 
 
4.10.
  Menganalisa perubahan grafik fungsi trigonometri akibat perubahan pada konstanta pada fungsi
  y = a sin b(x + c) + d. 
 | 
 
0 Response to "Silabus Matematika Wajib kelas X Kurikulum 2013"
Post a Comment