Silabus Matematika Wajib kelas X Kurikulum 2013

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
3.1.    Mengintepretasi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak dari bentuk linear satu variable dengan persamaan dan pertidaksamaan linear Aljabar lainnya.
Persamaan dan Pertidaksamaan Linear SatuVariabel yang Memuat Nilai Mutlak
-     Pengertianpersamaan dan pertidaksamaan linear satu variable
-   Penerapan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
·     Mengidentifikasi kuantitas-kuantitas dan hubungan di antaranya dalam masalah kontekstual dan merumuskan persamaan dan/atau pertidaksamaan linear satuvariabel yang memuat nilai mutlak yang sesuai.
·     Menggunakan ide-ide matematika untuk menyelesaikan persamaandan/atau pertidaksamaan linear satu variabel yang memuat nilai mutlak.
·     Menafsirkan dan mengevaluasi penyelesaian berdasarkan konteks mula-mula.
·     Mengomunikasikan proses dan hasil pemecahan masalah
·     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel yang memuat nilai mutlak
·     Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel yang memuat nilai mutlak
4.1.    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaandan pertidaksamaan nilaimutlak dari bentuk linear satu variable
3.2.    Menjelaskan dan menentukan penyelesaian pertidaksamaan rasional dan irasional satuvariabel
Pertidaksamaan
mutlak,
pecahan, dan
irrasional
·   Mencermati pengertian, metode penyelesaian pertidaksamaan dan nilai mutlak, pertidaksamaan pecahan,irrasional dan mutlak, dan penerapannya pada masalah nyata dari berbagai sumber belajar
·   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan mutlak, pecahan, dan irrasional
·   Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan mutlak, pecahan, dan irrasional
4.2.    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan rasional dan irasional satu variable
3.3.    Menyusun system persamaan linear tiga variable dari masalah kontekstual
Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel
-    Pengertian Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel
-    Penerapan Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel
·     Mengidentifikasi kuantitas-kuantitas dan hubungan di antaranya dalam masalah kontekstual dan merumuskan sistem persamaan linear tiga variabel yang sesuai.
·     Menggunakan ide-ide matematika untuk menyelesaikan sistem persamaan linear tiga variabel.
·     Menafsirkan dan mengevaluasi penyelesaian berdasarkan konteks mula-mula.
·     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear tiga variabel
·     Mengomunikasikan proses dan hasil pemecahan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear tiga variabel
4.3.    Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan system persamaan linear tiga variable
3.4.    Menjelaskan dan menentukan penyelesaian system pertidaksamaan dua variabel (linear-kuadratdankuadrat-kuadrat)
Sistem pertidaksamaan dua variabel (linear-kuadrat dan kuadrat-kuadrat)

·   Mencermati pengertian, metode penyelesaian, kurva persamaan dalam sistem pertidaksamaan kuadrat dua variabel, dan penerapannya pada masalah nyata dari berbagai sumber belajar.
·   Merumuskan secara aljabar maupun manipulasi matematika lainnya tentang sifat-sifat yang berkaitan dengan sistem pertidaksamaan kuadrat dengan dua variabel
·   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan system pertidaksamaan dua variabel (linear-kuadrat dan kuadrat-kuadrat)
·   Menyajikan pelesaian masalah yang berkaitan dengan system pertidaksamaan dua variabel (linear-kuadrat dan kuadrat-kuadrat)
4.4.    Menyajikan dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan system pertidaksamaan dua variabel (linear-kuadrat dan kuadrat-kuadrat
3.5.    Menjelaskan dan menentukan fungsi (terutamafungsi linear, fungsi kuadrat, danfungsirasional) secara formal yang meliputinotasi, daerahasal, daerahhasil, danekspresisimbolik, sertasketsagrafiknya
Fungsi
-     RelasidanFungsi
-     OperasiAritmetika
-     KomposisiFungsi
-     Fungsi Linear
-     FungsiKuadrat
-     FungsiRasional
-     Fungsi Invers
·     Mengidentifikasi hubungan antara daerah asal, daerahhasilsuatufungsidanekspresisimbolik yang mendefinisikannyasertamendiskusikanhubungan yang teridentifikasidenganmenggunakanberbagairepresentasibersamatemannya.
·     Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuatkesimpulan, serta menggunakan prosedur untuk menyelesaikan masalah kontektual yang dinyatakan dengan fungsi linear, fungsi kuadrat, dan fungsi rasional
·     Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur untuk melakukan operasi aritmetika pada fungsi (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian) dan operasi komposisi pada fungsi
·     Mengamati dan mengidentifikasi fakta pada fungsi invers yang akan digunakan untuk menentukan eksistensinya
·     Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan fungsi invers suatufungsi
·     Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan fungsi
4.5.    Menganalisakarakteristikmasing – masinggrafik (titikpotongdengansumbu, titikpuncak, asimtot) danperubahangrafikfungsinyaakibattransformasi f2(x), 1/f(x), |f(x)| dsb
3.6.    Menjelaskan operasi komposisi pada fungsi dan operasi invers pada fungsi invers serta sifat-sifatnya serta menentukan eksistensinya
4.6.    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi komposisi dan operasi invers suatu fungsi
3.7.    Menjelaskan rasio trigonometri (sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan, dancotangen) pada segitiga siku-siku
Trigonometri
-     Pengukuran Sudut
-     Perbandingan Trigonometri pada Segitiga Siku-Siku
-     Sudut-sudut Berelasi
-     Identitas Trigonometri
-     Aturan Sinus dan Cosinus
-     Fungsi Trigonometri
·     Mangamatidanmengidentifikasifaktapada radian dan derajat sebagai satuan pengukuran sudut, serta hubungannya
·     Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pengukuran sudut dalam satuan radian atau derajat
·     Mangamati dan mengidentifikasi fakta pada rasio trigonometri (sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan, dancotangen) pada segitigasiku-siku.
·     Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur untuk menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan rasio trigonometri pada segitiga siku-siku
·     Mencermati dan mengidentifikasi fakta pada rasio trigonometri untuk sudut-sudut di berbagai kuadran dan sudut-sudut berelasi kemudian membuat generalisasinya
·     Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur untuk menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan rasio trigonometri sudut-sudut di berbagai kuadran dan sudut-sudut berelasi
·     Mengamati dan mengidentifikasi hubungan antara rasio trigonometri yang membentuk identitas dasar trigonometri.
·     Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur pembuktian identitas trigonometri
·     Mengamati dan mengidentifikasi fakta pada aturan sinus dan cosinus serta masalah yang terkait
·     Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur untuk menyelesaikanmasalah yang berkaitan dengan aturan sinus dankosinus.
·     Mencermati dan mengidentifikasi fakta pada grafik fungsi yang dibuat dengan menggunakan lingkaran satuan
·     Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur untuk untuk membuat sketsa grafik fungsi trigonometri
·     Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan trigonometri
4.7.    Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan rasio trigonometri (sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan, dancotangen) pada segitiga siku-siku
3.8.    Menggeneralisasirasio trigonometri untuk sudut-sudut di berbagai kuadran dan sudut-sudutberelasi
4.8.    Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan rasio trigonometri sudut-sudut di berbagai kuadran dan sudut-sudut berelasi
3.9.    Menjelaskan aturan sinus dan cosinus
4.9.    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan aturan sinus dan cosinus
3.10. Menjelaskan fungsi trigonometri dengan menggunakan lingkaran satuan
4.10. Menganalisa perubahan grafik fungsi trigonometri akibat perubahan pada konstanta pada fungsi y = a sin b(x + c) + d.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Silabus Matematika Wajib kelas X Kurikulum 2013"

Post a Comment