Silabus Matematika Wajib kelas X Kurikulum 2013
Kompetensi Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
3.1.
Mengintepretasi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak dari bentuk
linear satu variable dengan persamaan dan pertidaksamaan linear Aljabar lainnya.
|
Persamaan dan Pertidaksamaan Linear SatuVariabel yang Memuat
Nilai Mutlak
-
Pengertianpersamaan dan pertidaksamaan
linear satu variable
-
Penerapan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
|
·
Mengidentifikasi kuantitas-kuantitas dan hubungan
di antaranya
dalam masalah kontekstual dan merumuskan persamaan dan/atau pertidaksamaan
linear satuvariabel yang memuat nilai mutlak
yang sesuai.
·
Menggunakan
ide-ide matematika untuk menyelesaikan persamaandan/atau pertidaksamaan
linear satu
variabel
yang memuat
nilai mutlak.
·
Menafsirkan dan mengevaluasi penyelesaian berdasarkan konteks mula-mula.
·
Mengomunikasikan
proses dan
hasil pemecahan masalah
·
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan
linear satu variabel yang memuat
nilai mutlak
·
Menyajikan
penyelesaian masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel yang memuat
nilai mutlak
|
4.1.
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan persamaandan pertidaksamaan nilaimutlak dari bentuk
linear satu variable
|
||
3.2.
Menjelaskan dan menentukan penyelesaian pertidaksamaan rasional dan irasional satuvariabel
|
Pertidaksamaan
mutlak,
pecahan, dan
irrasional
|
·
Mencermati pengertian, metode penyelesaian
pertidaksamaan dan nilai mutlak, pertidaksamaan pecahan,irrasional dan
mutlak, dan penerapannya pada masalah nyata dari berbagai sumber belajar
·
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
pertidaksamaan mutlak, pecahan, dan irrasional
·
Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan
pertidaksamaan mutlak, pecahan, dan irrasional
|
4.2.
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan pertidaksamaan rasional dan irasional satu variable
|
||
3.3.
Menyusun system persamaan
linear tiga
variable dari masalah kontekstual
|
Sistem
Persamaan Linear Tiga Variabel
-
Pengertian
Sistem
Persamaan Linear Tiga Variabel
-
Penerapan
Sistem
Persamaan Linear Tiga Variabel
|
·
Mengidentifikasi kuantitas-kuantitas dan hubungan
di antaranya
dalam masalah kontekstual dan merumuskan sistem
persamaan linear tiga variabel yang sesuai.
·
Menggunakan
ide-ide matematika untuk menyelesaikan sistem
persamaan linear tiga variabel.
·
Menafsirkan dan mengevaluasi penyelesaian berdasarkan konteks mula-mula.
·
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear tiga
variabel
·
Mengomunikasikan
proses dan
hasil pemecahan masalah yang
berkaitan dengan sistem persamaan linear tiga
variabel
|
4.3.
Menyelesaikan masalah kontekstual
yang berkaitan dengan system persamaan
linear tiga variable
|
||
3.4.
Menjelaskan dan menentukan penyelesaian system pertidaksamaan dua variabel
(linear-kuadratdankuadrat-kuadrat)
|
Sistem pertidaksamaan dua variabel (linear-kuadrat dan kuadrat-kuadrat)
|
·
Mencermati pengertian, metode penyelesaian, kurva persamaan dalam sistem pertidaksamaan
kuadrat dua variabel, dan penerapannya pada masalah nyata dari berbagai
sumber belajar.
·
Merumuskan secara aljabar maupun manipulasi matematika
lainnya tentang sifat-sifat yang berkaitan dengan sistem pertidaksamaan kuadrat dengan dua variabel
·
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan system pertidaksamaan dua variabel (linear-kuadrat dan kuadrat-kuadrat)
·
Menyajikan pelesaian masalah yang berkaitan dengan system pertidaksamaan dua variabel (linear-kuadrat dan kuadrat-kuadrat)
|
4.4.
Menyajikan dan menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan system pertidaksamaan dua variabel
(linear-kuadrat dan kuadrat-kuadrat
|
||
3.5.
Menjelaskan dan menentukan fungsi
(terutamafungsi linear, fungsi kuadrat,
danfungsirasional) secara formal yang meliputinotasi, daerahasal,
daerahhasil, danekspresisimbolik, sertasketsagrafiknya
|
Fungsi
-
RelasidanFungsi
-
OperasiAritmetika
-
KomposisiFungsi
-
Fungsi
Linear
-
FungsiKuadrat
-
FungsiRasional
- Fungsi
Invers
|
·
Mengidentifikasi hubungan antara daerah asal,
daerahhasilsuatufungsidanekspresisimbolik yang
mendefinisikannyasertamendiskusikanhubungan yang
teridentifikasidenganmenggunakanberbagairepresentasibersamatemannya.
·
Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuatkesimpulan,
serta
menggunakan prosedur untuk menyelesaikan masalah kontektual
yang dinyatakan dengan fungsi linear, fungsi
kuadrat, dan fungsi rasional
·
Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan,
serta
menggunakan prosedur untuk melakukan operasi aritmetika pada fungsi
(penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian)
dan
operasi komposisi pada fungsi
·
Mengamati dan mengidentifikasi fakta pada fungsi
invers yang akan digunakan untuk menentukan eksistensinya
·
Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan,
serta
menggunakan prosedur untuk menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan fungsi
invers suatufungsi
·
Menyajikan
penyelesaian masalah yang berkaitan dengan fungsi
|
4.5.
Menganalisakarakteristikmasing
– masinggrafik (titikpotongdengansumbu, titikpuncak, asimtot)
danperubahangrafikfungsinyaakibattransformasi f2(x), 1/f(x),
|f(x)| dsb
|
||
3.6.
Menjelaskan operasi komposisi pada fungsi dan operasi
invers pada
fungsi
invers serta
sifat-sifatnya serta menentukan eksistensinya
|
||
4.6.
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan operasi komposisi dan operasi
invers suatu
fungsi
|
||
3.7.
Menjelaskan rasio trigonometri
(sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan, dancotangen) pada segitiga siku-siku
|
Trigonometri
-
Pengukuran Sudut
-
Perbandingan Trigonometri pada Segitiga Siku-Siku
-
Sudut-sudut Berelasi
-
Identitas Trigonometri
-
Aturan
Sinus dan
Cosinus
-
Fungsi Trigonometri
|
·
Mangamatidanmengidentifikasifaktapada
radian dan
derajat sebagai satuan pengukuran sudut,
serta
hubungannya
·
Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan,
serta
menggunakan prosedur untuk menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan pengukuran sudut dalam satuan
radian atau
derajat
·
Mangamati dan mengidentifikasi fakta pada rasio trigonometri
(sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan, dancotangen) pada segitigasiku-siku.
·
Mengumpulkan
dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur
untuk menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan
dengan rasio trigonometri pada segitiga siku-siku
·
Mencermati dan mengidentifikasi fakta pada rasio
trigonometri untuk sudut-sudut di berbagai kuadran dan sudut-sudut berelasi kemudian membuat generalisasinya
· Mengumpulkan
dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur
untuk menyelesaikan masalah kontekstual
yang berkaitan dengan rasio trigonometri sudut-sudut
di berbagai
kuadran dan sudut-sudut berelasi
· Mengamati dan mengidentifikasi hubungan
antara rasio trigonometri yang membentuk identitas
dasar trigonometri.
· Mengumpulkan
dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur pembuktian identitas trigonometri
· Mengamati dan mengidentifikasi fakta pada aturan
sinus dan
cosinus serta masalah
yang terkait
· Mengumpulkan
dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur
untuk menyelesaikanmasalah yang berkaitan dengan aturan
sinus dankosinus.
· Mencermati dan mengidentifikasi fakta pada grafik fungsi
yang dibuat
dengan menggunakan lingkaran satuan
·
Mengumpulkan
dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur
untuk untuk membuat sketsa grafik fungsi
trigonometri
·
Menyajikan
penyelesaian masalah yang berkaitan dengan trigonometri
|
4.7.
Menyelesaikan masalah kontekstual
yang berkaitan dengan rasio trigonometri
(sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan, dancotangen) pada segitiga siku-siku
|
||
3.8.
Menggeneralisasirasio trigonometri untuk sudut-sudut
di berbagai
kuadran dan sudut-sudutberelasi
|
||
4.8.
Menyelesaikan masalah kontekstual
yang berkaitan dengan rasio trigonometri sudut-sudut
di berbagai
kuadran dan sudut-sudut berelasi
|
||
3.9.
Menjelaskan aturan
sinus dan
cosinus
|
||
4.9.
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan aturan
sinus dan
cosinus
|
||
3.10.
Menjelaskan fungsi trigonometri dengan menggunakan lingkaran satuan
|
||
4.10.
Menganalisa perubahan grafik fungsi trigonometri akibat perubahan pada konstanta pada fungsi
y = a sin b(x + c) + d.
|
0 Response to "Silabus Matematika Wajib kelas X Kurikulum 2013"
Post a Comment