RPP Matematika kelas X SMA/MA kurikulum 2013



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 

Satuan Pendidikan : MAN 2 KOTA BENGKULU
Kelas/Semester : X/1
Mata Pelajaran : Matematika
Materi Pokok : Eksponen bulat positif, negatif dan nol
Alokasi Waktu : 2. x 45 menit (1 kali pertemuan)



A. Kompetensi Inti

K1 :Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

K2 :Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

K3 :Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora denganwawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

K4 :Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

KD 1.1   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KD 2.2   Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
KD 3.1 Memilih dan menerapkan aturan eksponen dan logaritma sesuai dengankarakteristik permasalahanyang akandiselesaikan dan memeriksakebenaran langkah-langkahnya.

INDIKATOR

3.1.1 Menyatakan arti an, n bulat positif
3.1.2 Menyatakan arti an, n bulat negatif dan 0
3.1.3 menyatakan nilai bilangan dalam  bentuk pangkat (eksponen)

KD 4.1 Menyajikan masalah nyata menggunakan operasi aljabar berupaeksponen dan logaritma sertamenyelesikannyamenggunakan sifat- sifat dan aturanyangtelah terbukti kebenarannya.

INDIKATOR

4.1.1 Menggunakan bilangan berpangkat untuk menentukan menentukan waktu paro suatu zat radioaktif Menggunakan pola bilangan persegi  dalam menyelesaikan masalah.

C. Tujuan Pembelajaran   

1. siswa dapat menemukan arti an melalui tayangan simulasi pertumbuhan bakteri
2. Disajikan teks tentang zat yang disuntikkan ke dalam tubuh manusia, siswa dapat menyatakan makna bilangan berpangkat bulat negatif
3. Siswa dapat menggunakan bilangan berpangkat untuk menyatakan operasi aljabar dalam kehidupan sehari-hari.

D. Materi Pembelajaran  

1. Tahap 1 Bilangan berpangkat  bulat positif
2. Tahap 2 Bilangan berpangkat  bulat negatif, nol dan positif

E. Metode Pembelajaran

1. Pendekatan Saintifik
2. Model Penemuan

F. Media Pembelajaran, Alat dan Sumber Pembelajaran

1. Media Slide  Power Point:ALKRIS -bilangan berpangkat AWAL
2. Alat dan bahan Komputer, LCD
3. Sumber Pembelajaran :Sinaga, Bornok, dkk.  2013. Matematika. SMA/MA, SMK/MAK Kelas VII. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta : Politeknik Negeri Media Kreatif.

2. Bahan Kegiatan Buatan Guru: Lampiran 1, 2, dan3

G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Pendahuluan (10 menit)

1. Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
2. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
3. Guru menyampaikan kegiatan yang perlu dilakukan pada pertemuan tersebut
4. Guru memberikan gambaran perlunya kompetensi mempelajari eksponen dan logaritma

Kegiatan Inti (100 menit)

Tahap 1: Bilangan berpangkat bulat positif


  1. Siswa mencermati tayangan Power Point file: ALKRIS -bilangan berpangkat AWAL. Proses pertumbuhan bakteri yang digambarkan digambarkan dengan simulasi dari slide (slide 1-3)
  2. Membaca bentuk aljabar dan hasil operasi aljabar dari  eksponen  (Slide; sample terlampir),
  3. Dari mengamati slide, dalam kelompok, peserta didik menanya tentang hubungan antara waktu dan banyaknya bakteri dan menanya tentang notasi-notasi yang berbeda dari bilangan yang sama, peserta didik menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat pada pengertian dan hasil operasi aljabar eksponen. (Jika peserta didik tidak muncul pertnyaan, guru bertanya: Jika Anda membuat sendiri kembali rangkaian kejadian dari sejak pertama danya bakteri, pertanyaan apa yang muncul ketika Anda menggambarnya?)
  4. Kemudian peserta didik menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan (bilangan dan banyak bakteri) sehingga dapat menduga-duga sementara(conjectur)  mengenai banyak bakteri dalam selang waktu tertentu kaitannya denganwaktu, dibawa le pengertian dan aturan dari penulisan eksponen 
  5. Dengan mengasosiasi bilangan-bilangan yang muncul pada slidekaitannya dengan selang waktu peroide pembelahan bakteri, disimpulkan arti notasi eksponen hubungannya dengan perkalian berganda, sehingga peserta didik menemukan arti an.
  6. Dengan bantuan melengkapi tiga baris pertama tampilan Slide 5, siswa dapat menyatakan definisi an. 
  7. Untuk menguatkan pemahaman tentang definisi an siswa dalam kelompok ditugasi



  1. Membandingkan kesamaan dan perbedaan utama simulasi pada slide dengan Masalah 1.2 Buku Siswa halaman 5
  2. Mendiskusikan syarat-syarat dipenuhinya definisi  
  3. Mengerjakan Tugas yang disusun guru terlampir pada Lampiran 1
  4. Secara bergantian kelompok siswa mengkomunikasikan hasil kerjanya, kelompok lain menanggapi


Tahap 2: Bilangan berpangkat nol dan bulat negatif


  1. Peserta didik mencermati Masalah-1.3 dari Buku Siswa Kelas X halaman 6, melengkapi tabel pada halaman 6 dan mencermati bilangan-bilangan yang dihasilkannya serta membandingkan hasil kelengkapanpada tabel dari halaman 6 tersebut dengan grafiknya  pada halaman 7
  2. Peserta didik dalam kelompok mendiskusikan perilaku grafik ketika x menuju  dan ketika x menuju ; apakah grafik itu sampai berpotongan dengan sumbu X atau bagaimana.
  3. Untuk menguatkan konsep peserta didik, diminta peserta didik dalam kelompok melengkapi tabel di bawah grafik pada halaman 7, (tugas pada Latihan 1.1halaman 7)
  4. Dengan mengaitkan pemahaman pembelajaran dari Tahap 1, Peserta didik mencermati makna Defenisi 1. 2 dan 1.3 (Buku Siswa halaman 8)
  5. Untuk lebih memahami Definisi 1.2 dan 1.3 siswa ditugasi;
  6. menyelesaikan (sendiri) Contoh 1.1 dan membandingkannya dengan jawaban yang telah tersedia
  7. Mengerjakan Tugas 2 buatan guru (terlampir
  8. Secara bergantian kelompok siswa mengkomunikasikan hasil kerjanya, kelompok lain menanggapi


Kegiatan Penutup (10 menit)

1. Peserta didik bersama-sama dengan guru membuat kesimpulan mengenai
a. Definisi dan makna bilangan berpangkat bulat positif dan notasinya
b. Definisi dan makna bilangan berpangkat nol dan bulat negatif serta notasinya
2. Guru menutup pelajaran dengan doa bersama

H. Penilaian

Soal


  1. Jika dinyatakan dalam bentuk biasa, berapakah jumlah semua bilangan satuannya,  dari bilangan-bilangan 31, 32, 33, 34, … 3400?
  2. Hitunglah 21 + 22 +23 +24 +25 +26 + … + 212
  3. Bentuk baku dari suatu bilangan merupakan salah cara menyatakan besarnya suatu bilangan (biasanya digunakan untuk bilangan yang (sangat) besar atau (sangat) kecil) dalam bentuk a 10n,  dengan 1 a 10, nB, B himpunan bilangan bulat, misalnya 6725 = 6,7  103 (pembulatan ke satu angka penting) dan 0,00076532 = 7,76  104 (pembulatan ke dua angka penting)  
  4. Nyatakan dalam bentuk baku besaran berikut:

(i) Massa bumi = 60.000.000.000.000.000.000.000.000.gram
(ii) Massa bulan = 735.000.000.000.000.000.000.000 gram
(iii) Massa sebuah atom Oksigen = 0,0000000000000000000000265 gram


  1. 1 eV adalah energi kinetik sebuah elektron ketika elektron itu berakselerasi dalam medan magnet dengan menimbulkan beda potensial 1 Volt. 1 eV= 1,60  1019 Joule
  2. Berapa Joule ekuivalen dengan 8 juta eV (elektron Volt)? Nyatakan dalam bentuk baku
  3. Andi menabung sebesar Rp 1.000.000,00 di suatu Bank yang memberikan bunga majemuk (selama menabung bunganya tidak diambil) sebesar 0,8% per bulan. Dari penabungan itu perhitungan tabungan pada akhir bulan ke n adalah 


  1. Mn = M0 (1 + p)n. 
  2. dengan M0 besarnya tabungan awal, Mn besar tabungan pada akhir bulan ke-n dan p besarnya persentase bunga,

a. Hitunglah hasil seluruhnya tabungan Andi setelah 1 tahun.
b. Berapa persen per tahun bunga di Bank tersebut?

Pedoman Penyekoran

  1. Jika dinyatakan dalam bentuk biasa, berapakah jumlah semua bilangan satuannya,  dari bilangan-bilangan 31, 32, 33, 34, … 3400? Bilangan satuannya berturut-turut 3,9,7,1,3,9,7,1,…
  2. 31, 32, 33, 34, … 3400 ada 400 bilangan, ada 3, 9, 7, 1 sebanyak 100 kali
  3. Jumlah semua bilangan satuannya = 100 (3 + 9 + 7 + 1) = 100  20 = 2000 5
  4. Hitunglah 21 + 22 +23 +24 +25 +26 + … + 212 =  
  5. Bentuk baku dari suatu bilangan merupakan salah cara menyatakan besarnya suatu bilangan (biasanya digunakan untuk bilangan yang (sangat) besar atau (sangat) kecil) dalam bentuk a 10n,  dengan 1 a 10, nB, B himpunan bilangan bulat, misalnya 6725 = 6,7  103 (pembulatan ke satu angka penting) dan 0,00076532 = 7,76  104 (pembulatan ke dua angka penting)  
  6. Nyatakan dalam bentuk baku besaran berikut:

(i) Massa bumi = 60.000.000.000.000.000.000.000.000.gram
(ii) Massa bulan = 735.000.000.000.000.000.000.000 gram
(iii) Massa sebuah atom Oksigen = 0,0000000000000000000000265 gram (i) 6,0. 1025.gram
(ii) 7,35 1023.gram
(iii) 2,65  1023.gram 3
4 1 eV adalah energi kinetik sebuah elektron ketika elektron itu berakselerasi dalam medan magnet dengan menimbulkan beda potensial 1 Volt. 1 eV= 1,60  1019 Joule.
Berapa Joule ekuivalen dengan 8 juta eV (elektron Volt)? Nyatakan dalam bentuk baku. 8.000.000 1,60  1019 Joule
= 1.280.000


= 1,28  1013 4
5 Andi menabung sebesar Rp 1.000.000,00 di suatu Bank yang memberikan bunga majemuk (se lama menabung bunganya tidak diambil) sebesar 0,8% per bulan. Dari penabungan itu perhitungan tabungan pada akhir bulan ke n adalah
Mn = M0  (1 + p)n.
dengan M0 besarnya tabungan awal, Mn besar tabungan pada akhir bulan ke-n dan p besarnya persentase bunga,
a. Hitunglah hasil seluruhnya tabungan Andi setelah 1 tahun.
b. Berapa persen per tahun bunga di Bank tersebut?
a. Rp 1.100338,69
b. 10% per tahun (pendekatan)
3
Jumlah skor maksimum 20

Nilai Kriteria
90 < AB  100 Amat Baik (AB)
80 < B  90 Baik (B)
70 < C  80 Cukup (C)
K  70 Kurang (K)



                                                                                                Bengkulu, 20 Juli 2014
Mengetahui                                                                                 Guru Bidang Studi



(.............................)                                                                    (.....................................)

LAMPIRAN 2

TUGAS 1

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.

1.. Dari tayangan Slide 3 pembelahan bakteri:
a. Berapa banyak bakteri itu dalam waktu satu hari?
b. Berapa banyak bakteri itu dalam waktu satu hari jika semula ada 64 bakteri?
2. Jika semula ada 4000 bakteri dan setiap setiap jam membelah menjadi dua bakteri (sekali dalam hidupnya), berapa bakteri yang ada selama satu hari?
3. Berapakah:angka satuan dari 72014?

LAMPIRAN 3

TUGAS 2

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.

  1. Nyatakan nilainya bukan dalam bentuk bilangan berpangkat. Jika tidak bulat, nyatakan dalam bentuk pecahan biasa.
  2. 105, 104, 103, 102,  101, 100,  101, 102, 103, 104, 105
  3. 25, 24, 23, 22,  21, 20,  21, 22, 23, 24, ,  25
  4. Hitunglah: 
  5. Waktu paro suatu zat radioaktif adalah selang waktu suatu zat radioaktif yang massanya m0 menjadi  m0. Jika suatu jenis zat radioaktif waktu paronya 2 tahun, berapa massa radioaktif itu yang massanya 200 kg untuk 20 tahun kemudian?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RPP Matematika kelas X SMA/MA kurikulum 2013 "

Post a Comment