RPP pelajaran Matematika kelas X kurikulum 2013

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau RPP merupakan rencana guru dalam melakasankan pembelajaran di kelas. berikut saya lampirkan RPP pelajaran Matematika kelas X kurikulum 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Nama Sekolah      : MAN 2 Kota Bengkulu
Mata Pelajaran      : Matematika
Kelas/Semester     : X / I
MateriPokok         : Eksponen dan Logaritma
AlokasiWaktu       : 2 x 45 menit

A.       Kompetensi Inti
KI 1          : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2     : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotongroyong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3   : Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4     : Mengolah, menalar, dan menyajidalamranahkonkretdanranahabstrakterkaitdenganpengembangandariyangdipelajarinyadi sekolahsecaramandiri, bertindaksecaraefektifdankreatif,sertamampumenggunakanmetodasesuaikaidahkeilmuan.

B.       KompetensiDasardanIndikatorPencapaian

2.2 Mampumentransformasidiridalamberperilakujujur, tangguhmengadapimasalah, kritisdandisiplindalammelakukantugasbelajarmatematika.
2.3 Menunjukkansikapbertanggungjawab, rasa ingintahu, jujurdanperilakupedulilingkungan.
3.1Memilih dan menerapkaaturaeksponen dan logaritma sesuai dengan karakteristik permasalahanyang akandiselesaikandanmemeriksakebenaranlangkah-langkahnya.
Indikator :
-       menemukansifat-sifatpangkatbulatpositif
-       menyelesaikan masalah dengan menggunakan sifat-sifat pangkat bulatpositif

4.1.Menyajikan masalah nyata menggunakan operasi aljabar berupa eksponen dan logaritma serta menyelesaikannya menggunakan sifat- sifat dan aturayang telah terbukti kebenarannya.

Indikator : terampil menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sifat-sifat pangkat/eksponen

C.      TujuanPembelajaran
Melalui kegiatan diskusi dan model discovery learning dalam pembelajaran eksponen dan logaritma diharapkan siswa bisa bekerjasama, konsisten dan disiplin,serta siswa dapat
1.      menemukansifat-sifatpangkatbulatpositif
2.      menyelesaikanmasalahdenganmenggunakansifat-sifatpangkatbulatpositif
3.      terampilmenyelesaikanmasalah yang berkaitandengansifat-sifatpangkat/eksponen

D.      MateriPembelajaran

1    Bentukpangkat

Pangkatbulatpositif

Bentukpangkat an = a x a x a x…x a

nfaktorperkalian
2.      Pangkatbulatnegatif
Padapangkatbulatnegatifberlaku :
dan
3.      Pangkatnol

4.      Sifat – sifat
a.       ap x aq =  ap+q
b.      ap : aq  =  a p-q , a ≠ 0
c.        (ap)q = apq
d.       (ab)p  =  ap . bp
e.        (  ) p  = 


E.       MetodePembelajaran
Model :Discovery Learning
Metode :diskusikelompok, penemuanterbimbing, tanyajawab.

F.       Media Pembelajaran
LKS, kertas
G.      SumberBelajar

BukuSiswaKemendikbud, 2013

A.      Langkah-langkahPembelajaran

Kegiatan
DeskripsiKegiatan
Waktu
Pendahuluan
1.     Guru memberikanapersepsitentangkonsepbilanganpangkat.
2.     Guru memberikanmotivasitentangkegunaanekponendanlogaritmadalamkehidupansehari-hari
3.     Guru menyampaikantujuanpembelajaran yang ingindicapai.

TahapStimulation
4.Guru memberikan stimulan/rangsangan berupa soal yang sekiranyasulitdikerjakanlangsungolehsiswa, sehingga siswa akan penasaran bagaimana cara menyelesaikannya (misalkan berapakah jumlah dari digit-digit dari 22014. 52010)

10 menit
Inti

Tahap Problem statement
1.     Guru membagi kelas dalambeberapakelompokdenganmasing-masingkelompokterdiridari3-4anggota.
2.     Guru membagikan LKS (terlampir)untukdidiskusikanolehsiswa.
3.     Dengan  aktif siswa mencermati dan mengamati Lembar Kerja Siswa yang telahdibagikan gurudanberpikirbagaimanacaramenyelesaikannya.
4.     Siswadenganbekerjasamadalam 1 kelompokberusahauntukmenyelesaikankegiatanyang adapada LKS.

TahapData collection

5.Siswa berdiskusi mengumpulkan data-data  yang adadi LKS (denganmenyelesaikannya) yang berkaitandengansifat-sifatpangkatbulatpositif

TahapData Processing
6.     Denganberdiskusisiswamengolah data (denganmenyelesaikan LKS)yang diperoleh.
7.Siswa kemudian sebagai membuat hipotesis (dugaan)  tentangsifat-sifat pangkat bulat positif

Tahap Verification

8. Siswa mengecek (memverifikasi) hipotesistentangsifat-sifatpangkatbulatpositif ,dengan mencobakan beberapa masalah dengan membandingkan hasilnya dengan cara sifat dan dengan cara menghitungnilaisebenarnyatanpasifat.
9.     Siswa mempresentasikan hasildiskusikelompoknyakedepankelas
10. Guru bersama siswa mendiskusikan hasil dari presentasi siswa.
11. Guru memberikansoal yang terkaitdenganSifat-sifatpangkat (Bukusiswa, UjiKompetensi 1.1  No 1 sampai 2 hal 16)
12. Guru memberikansoaluntukdikerjakansiswadandikumpulkan




15menit
















10 menit


20 menit


25 menit


Penutup

TahapGeneralization
13.   Siswabersama guru menyimpulkantentangSifat-sifatpangkatbulatpositif.
14. Guru memberikan PR untukdikerjakan di rumahsebagailatihanmandiri.(UjiKompetensi 1.1 padaBukuSiswaHalaman 16 – 17, No 3 – 12)
15. Guru menginformasikankegiatanpadapertemuanberikutnya.
16. Guru mengakhirikegiatanbelajar


10 menit

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " RPP pelajaran Matematika kelas X kurikulum 2013"

Post a Comment