RPP pelajaran Matematika kelas X kurikulum 2013
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau RPP merupakan rencana guru dalam melakasankan pembelajaran di kelas. berikut saya lampirkan RPP pelajaran Matematika kelas X kurikulum 2013
Bentukpangkat an = a x a x a x…x a
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
MAN 2 Kota Bengkulu
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : X / I
MateriPokok : Eksponen dan Logaritma
AlokasiWaktu : 2 x 45 menit
A.
Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotongroyong,
kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural,
dan metakognitif berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan,dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah,
menalar, dan menyajidalamranahkonkretdanranahabstrakterkaitdenganpengembangandariyangdipelajarinyadi sekolahsecaramandiri, bertindaksecaraefektifdankreatif,sertamampumenggunakanmetodasesuaikaidahkeilmuan.
B. KompetensiDasardanIndikatorPencapaian
2.2
Mampumentransformasidiridalamberperilakujujur, tangguhmengadapimasalah, kritisdandisiplindalammelakukantugasbelajarmatematika.
2.3
Menunjukkansikapbertanggungjawab,
rasa
ingintahu, jujurdanperilakupedulilingkungan.
3.1Memilih dan menerapkan aturan eksponen dan logaritma sesuai dengan karakteristik permasalahanyang akandiselesaikandanmemeriksakebenaranlangkah-langkahnya.
Indikator :
- menemukansifat-sifatpangkatbulatpositif
- menyelesaikan masalah dengan menggunakan sifat-sifat pangkat bulatpositif
4.1.Menyajikan masalah nyata menggunakan operasi aljabar berupa eksponen dan logaritma serta menyelesaikannya menggunakan sifat- sifat dan aturan yang telah terbukti kebenarannya.
Indikator : terampil menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan sifat-sifat pangkat/eksponen
C.
TujuanPembelajaran
Melalui kegiatan diskusi dan model
discovery learning dalam pembelajaran eksponen dan logaritma diharapkan siswa bisa bekerjasama,
konsisten dan disiplin,serta siswa dapat
1. menemukansifat-sifatpangkatbulatpositif
2. menyelesaikanmasalahdenganmenggunakansifat-sifatpangkatbulatpositif
3. terampilmenyelesaikanmasalah
yang berkaitandengansifat-sifatpangkat/eksponen
D.
MateriPembelajaran
1 Bentukpangkat
Pangkatbulatpositif
Bentukpangkat an = a x a x a x…x a
nfaktorperkalian
2. Pangkatbulatnegatif
Padapangkatbulatnegatifberlaku
:
dan
3. Pangkatnol
4. Sifat – sifat
a.
ap
x aq = ap+q
b.
ap
: aq = a p-q , a ≠ 0
c.
(ap)q = apq
d.
(ab)p = ap
. bp
e.
( ) p =
E.
MetodePembelajaran
Model :Discovery Learning
Metode :diskusikelompok,
penemuanterbimbing, tanyajawab.
F.
Media
Pembelajaran
LKS, kertas
G.
SumberBelajar
BukuSiswaKemendikbud, 2013
A.
Langkah-langkahPembelajaran
Kegiatan
|
DeskripsiKegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru memberikanapersepsitentangkonsepbilanganpangkat.
2.
Guru memberikanmotivasitentangkegunaanekponendanlogaritmadalamkehidupansehari-hari
3.
Guru menyampaikantujuanpembelajaran yang
ingindicapai.
TahapStimulation
4.Guru memberikan stimulan/rangsangan berupa soal
yang sekiranyasulitdikerjakanlangsungolehsiswa,
sehingga siswa akan penasaran bagaimana cara menyelesaikannya
(misalkan berapakah jumlah dari digit-digit dari 22014. 52010)
|
10 menit
|
Inti
|
Tahap Problem statement
1.
Guru
membagi kelas dalambeberapakelompokdenganmasing-masingkelompokterdiridari3-4anggota.
2.
Guru membagikan LKS (terlampir)untukdidiskusikanolehsiswa.
3.
Dengan aktif siswa mencermati dan mengamati Lembar Kerja Siswa
yang telahdibagikan gurudanberpikirbagaimanacaramenyelesaikannya.
4.
Siswadenganbekerjasamadalam 1 kelompokberusahauntukmenyelesaikankegiatanyang
adapada LKS.
TahapData collection
5.Siswa berdiskusi mengumpulkan data-data yang adadi LKS (denganmenyelesaikannya) yang
berkaitandengansifat-sifatpangkatbulatpositif
TahapData
Processing
6.
Denganberdiskusisiswamengolah data
(denganmenyelesaikan LKS)yang diperoleh.
7.Siswa kemudian sebagai membuat hipotesis
(dugaan) tentangsifat-sifat pangkat bulat positif
Tahap
Verification
8. Siswa mengecek (memverifikasi)
hipotesistentangsifat-sifatpangkatbulatpositif
,dengan mencobakan beberapa masalah dengan membandingkan hasilnya dengan cara sifat dan dengan cara menghitungnilaisebenarnyatanpasifat.
9.
Siswa mempresentasikan hasildiskusikelompoknyakedepankelas
10. Guru
bersama siswa mendiskusikan hasil dari presentasi siswa.
11. Guru
memberikansoal yang terkaitdenganSifat-sifatpangkat (Bukusiswa, UjiKompetensi
1.1 No 1 sampai 2 hal 16)
12. Guru
memberikansoaluntukdikerjakansiswadandikumpulkan
|
15menit
10 menit
20 menit
25 menit
|
Penutup
|
TahapGeneralization
13.
Siswabersama guru menyimpulkantentangSifat-sifatpangkatbulatpositif.
14. Guru
memberikan PR untukdikerjakan di rumahsebagailatihanmandiri.(UjiKompetensi
1.1 padaBukuSiswaHalaman 16 – 17, No 3 – 12)
15. Guru menginformasikankegiatanpadapertemuanberikutnya.
16. Guru mengakhirikegiatanbelajar
|
10 menit
|
0 Response to " RPP pelajaran Matematika kelas X kurikulum 2013"
Post a Comment